Bambu Kuning Nature - Runy Garden

Kami Menyediakan Dan Menjual Berbagai Macam Bibit Tanaman Buah Unggulan Berkualitas

UPTD Balai Pengawasan Dan Sertifikasi Benih Tanaman Pangan Dan Hortikultura Propinsi Jawa Barat

SKPPBB nomor : 038/BPSBTPH/HAT/Prod/IV/2010

Jumat, 27 Maret 2009

LENGKENG - KLENGKENG " SI MATA NAGA " ( LONGAN - DRAGON EYES )

KLENGKENG - LENGKENG ( Longan - Dragon Eyes ) " Bersaing Bak Calon Presiden "
Lengkeng - Klengkeng ( Euphoria Longana - Dragon Eyes ) sementara waktu ini masih di anggap kebanyakan orang adalah jenis tanaman dataran tinggi ( artinya hanya bisa berbuah di daerah dengan ketinggian dpl tertentu ).Memang benar anggapan itu karena memang masyarakat Indonesia khususnya, mengenal pohon lengkeng bisa berbuah baik – lebat hanya di daerah-daerah tertentu seperti di Malang, Bandung, Ambarawa, Temanggung dan sekitarnya.Akan tetapi sekarang masyarakat harus mau menerima kenyataan yang tidak biasa yaitu adanya lengkeng yang bisa hidup-baik-berbuah lebat di daerah dataran rendah bahkan dari 0 dpl sekalipun.Ibarat Bursa Calon Presiden, Lengkeng Dataran Rendah telah mengantongi tiket untuk menuju babak berikutnya menduduki " kursi " tertinggi di antara sekian deret buah unggulan yang lain, untuk mendapatkan gelar "Presiden' sebagai buah unggulan Nasional.
Nah, sekarang “ Bambu Kuning Nature “ akan memperkenalkan jenis – jenis lengkeng dataran rendah yang di kembangkan oleh “ Bambu Kuning Nature “ dan sangat adaptif untuk bisa tumbuh dan berbuah dengan baik di berbagai jenis / tipikal tanah
.


Lengkeng - klengkeng ( Longan - Dragon Eyes ) menurut berbagai sumber juga mempunyai khasiat, berikut cuplikan khasiat dari buah lengkeng :

Pola daging buah ini terdapat kandungan sukrosa, glukosa, protein, lemak, vitamin A, vitamin B, asam tartarik, dan senyawa-senyawa kimia tumbuhan (fitokimia) lainnya yang berguna bagi kesehatan. Kombinasi dari senyawa-senyawa fitokimia ini melahirkan berbagai khasiat, di antaranya mengedurkan saraf. Makanya, di dalam literatur disebutkan lengkeng memberikan efek penenang dan berkhasiat mengatasi gelisah, susah tidur, dan sulit konsentrasi.
Selain itu daging buah lengkeng juga bermanfaat menyehatkan jantung dan bisa mengobati jantung berdebar keras. Dalam buku terapi buah disebutkan buah lengkeng juga dapat memperkuat limpa, meningkatkan produksi darah merah, menambah nafsu makan, dan menambah tenaga, sehingga sangat baik dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang dalam proses pemulihan stamina sehabis sakit.
Buah lengkeng berguna pula untuk menyehatkan usus dan memperbaiki proses penyerapan makanan, melancarkan buang air kecil, mengatasi cacingan, menyehatkan mata, mengobati sakit kepala, keputihan dan hernia.
Bukan cuma buahnya saja yang bermanfaat. Akar dan daun lengkeng yang berasa pahit, bahkan biji yang keras pun menyimpan khasiat obat. Akar lengkeng berkhasiat sebagai peluruh kencing dan melancarkan sirkulasi darah. Daun berkhasiat sebagai antiradang dan pereda demam. Adapun bijinya berguna untuk menghilangkan rasa sakit dan menghentikan pendarahan. Pengobatan Tradisional
- Cemas, amnesia, penurunan mental. Setiap hari minum satu sendok tonik lengkeng (gui yan gao). Adapun cara pembuatannya, ambil sebagai 500 gram buah lengkeng segar dan 500 gram gula pasir. Didihkan dalam air hingga menjadi kental.
- Badan lemah atau berat badan setelah sakit. Setiap hari, makanlah sebanyak 250 gram buah lengkeng segar. Buang kulit dan bijinya.
- Lemah dan kurang tenaga selama hamil. Minum tonik lengkeng 2 kali sehari, pagi dan malam hari, masing-masing sebanyak 1 sendok makan.


Di bawah ini sederet Lengkeng Dataran Rendah yang di kembangkan oleh "Bambu Kuning Nature - Runy Garden" :

1. Lengkeng Diamond River.

Konon kabarnya Lengkeng ( Longan )ini berasal dari negeri gajah putih ( Thailand ).Akan tetapi di tempat kami lengkeng ini bisa berbuah lebat, rasanya manis ( juicy ).Dan sudah banyak daerah – daerah di Indonesia seperti di Surabaya, Malang, Yogya, Magelang, Bogor dan Jakarta ataupun di daerah Sumatra, Kalimantan, lengkeng ( mata naga ) ini bisa adaptif dan berbuah dengan baik.





2. Lengkeng Kristalin.

Lengkeng ini di namain Kristalin karena daging buahnya bening sehingga biji buahnya cenderung kelihatan.Rasa dan aromanya sangat menawan, dan bila berbuah keistimewaan lengkeng ini semua pucuk berbuah dengan serentak.

Lengkeng kristalin ( copy )



3. Lengkeng Pingpong.

Jenis lengkeng ini sangat spektakuler karena buahnya besar hampir sebesar bola pingpong.Aroma wangi dari lengkeng ini sangat khas dan manisnya tidak kepalang tanggung ( sebagian orang bilang manisnya kelewatan ).Sayang pertajukan lengkeng ini tidak selebat / serimbun jenis yang lain.Walaupun kita bisa membuat lengkeng ini menjadi lebat dengan mengatur pertumbuhan tajuk lengkeng jenis pingpong ini.




4. Lengkeng Puan Ray.

Jenis lengkeng satu ini di percaya membawa keunggulan lengkeng Diamond River dan lengkeng Pingpong dalam satu buah.Kelebihan lain daging buahnya cenderung lebih kering dan biji buahnya kecil.



Indukan Lengkeng Puan Ray ( paska buah )


5. Lengkeng Aroma Durian.

Daging buah dari " mata naga " ini terasa ada paduan rasa, antara khas lengkeng dengan durian setengah matang ( mengkel - red bhs Jawa ), begitu juga di aroma buahnya.Jenis aroma durian ini di percaya ada pertalian dengan Varietas pingpong.Pada kondisi tanaman normal, besar buahnya hampir sebesar buah dari lengkeng pingpong.Jenis lengkeng ini percabangannya banyak sehingga untuk membuat rimbun pada jenis aroma durian ini sangat mudah.



6. Lengkeng Satu Jari - Pucuk Merah ( Si Manohara Pinot )

Lengkeng ( longan ) ini jenis buahnya mirip lengkeng aroma durian, yang membedakan adalah warna kulit di saat masak.Lengkeng Satu Jari akan berwarna gading ke-kuningan sedang aroma durian buah masak akan berwarna putih, selain itu aroma duriannya " khas lengkeng Aroma Durian " tidak terdapat pada lengkeng satu jari ini.Mungkin karena ada pertalian dengan lengkeng pingpong pula,aroma buah dari satu jari ini mirip aroma lengkeng pingpong.Besar buahnya pada kondisi maksimal sebesar buah lengkeng pingpong - cuma kalau satu jari ini bijinya lebih kecil di banding biji lengkeng pingpong.Fisik daun lengkeng satu jari juga sangat berbeda dengan lengkeng aroma durian, kalau lengkeng aroma durian diantara urat - urat daunnya cembung sedang satu jari lurus ( rata ).Besar daunyapun pada kondisi sama - sama normal akan jauh lebih besar daun lengkeng satu jari ( daun aroma durian 1/2 dari daun lengkeng satu jari ).Serat serat daun diantara urat daun pada lengkeng satu jari akan kelihatan jelas / Dominir ( terutama daun tuanya ) sedang pada aroma durian tidak.Selain itu Lengkeng satu jari ini - pengalaman di kebun kami - buahnya tidak selalu hanya di pucuk tunas, tetapi dia berbuah di ketiak daun - artinya setelah keluar bunga akan timbul tunas baru - membawa bunga, kemudian tunas baru lagi dan membawa bunga lagi.Serat - serat daun lengkeng satu jari ini mirip daun pohon jamblang - begitupun besarnya, pada kondisi di tanam pada lahan subur daun satu jari akan sebesar daun pohon jamblang, selain itu tunas baru dari lengkeng satu jari ini berwarna merah dan ada yang keungu-unguan.Ada " Joke " dari tamu asal sumatra waktu itu, karena kagum dengan penampilan tanaman dan buahnya, dia bilang " elok nian satu jari nih..macem Manohara Pinot itu.. ", tentu saja semua yang dengar jadi tertawa.








4 komentar:

  1. saya punya lahan 1 ha diketinggian 900 m dpl,rencana mau ditanami lengkeng,lengkeng jenis apa yg cocok dan mudah berbuah..
    saya tinggal di kab.pasaman sumbar,apakah saudara bisa mengirimkan bibit lengkeng ketempat saya,berapa harga per batangnya?
    hubungi saya di:malinsutan@gmail.com

    BalasHapus
  2. pak,klo produksi buah lengkeng di tmpt bpk bgmn?
    saya tertarik untuk menjual lengkeng pingpong ataupun yg lain.minimal mencoba sendiri dulu lah..
    apakah bisa jk saya membeli buah dari tmpt bapak?
    kira2 berapa minimal pembeliannya?
    terimakasih.

    Teguh,Balikpapan
    tekubas@gmail.com

    BalasHapus
  3. brapa harga lengkeng pingpong ukuran 1m dan 2m

    BalasHapus
  4. Pak apa pembelian bibit buah ditempat bapak ada yg khusus untuk ditanam di pot?saya bermaksud membeli bibit yg bagus dan mdh berbuah dr bapk.apa ada minimum pembelian dan dapat dikirim ke rumah saya di bekasi?ongkosnya berapa?ditunggu pak jawabannya.tq

    Michael
    michta25119@gmail

    BalasHapus